Wednesday, September 14, 2005

Germany, is a cowardice country ...

2/3 rakyat Jerman takut akan kejaminan tempat kerja mereka.....

Di Jerman pada saat ini tema utama adalah takut.Aku baca di forum studien baru tertulis'' takut dengan masa depan pada saat ini besar sekali dari pada tahun2 sebelumnya, Para ahli melihat akan banyak kefatalan di bidang penigkatan Ekonomi negara ''

Setiap 2 orang pada saat ini mempunya perasaan takut dengan masa depan mereka.Dr medien di beritakan banyak sekali orang yang membuat asuransi hidup, dan penikatan pada tahun ini 2 kali lipatnya dr 15 tahun yang lalu. Sebagian besar orangJerman takut akan kenaikan harga bahan pokok, dan takut akan penurunan Ekonomi negara.


'' Keiner sagt den Menschen klar die Wahrheit'' artinya '' Tidak ada yang memberitau masyarakat kebenarannya dengan jelas''

Yang paling terasa adalah takutnya penduduk akan kejaminan tempat kerja mereka, dua dari tiga penduduk Jerman yang takut. Tahun lalu hanya satu orang dr tiga penduduk.
Banyak yang berkata bahwa System Sosial yang dulu keamanannya bergaranti sekali .Karena adanya reformasi , telah berubah menjadi sumber keraguan.Akibatnya kepercayaan masyarakat terhadap politik menjadi berkurang.

Dalam skala, tema penyakit juga menjadi menigkat( aku kutip dr koran WAZ 09.09.2005), dijelaskan oleh Mentri Kesehatan Schmidt.Ketakutan itu di rasakan pada masyarakat yang berumur 40-59 tahun, '' Mereka harus membayar asuransi hari tua untuk orang yang lebih tua, menghidupi keluarga dan dirinya sendiri, dan membesarkan anak''

Menurutku, memang orang Jerman terlalu di manja dari dulu. Dan mereka sekarang takut dengan perubahan yang ada. Karena masyarakat yang ketakutan saat ini, ekonomi Jerman mulai menurun. Prosentase pembelian masyarakat menjadi menurun. Dan belum lagi ketakutan akan kehilangan pekerjaan menurutku masalahnya menjadi berputar ''seperti naik komedi putar''

Aku rasa ini juga salah dr Media dan orang politik yang tidak memberikan informasi yang benar ke masyarakat.
Kanzler Gerhard Schröder( orang ini yang memimpin negara jerman saat ini ) menurut berita WAZ pada tgl 10.09.2005 sudah memberikaninformasi rencana reformasi partainya dia, tapi terlalu terlambat.
Apalagi di tambah dengan ciri khas masyarakat Jerman yang selalu mendramatiskan suatu masalah...membuat masalah menjadi besar dari pada sebenarnya.
( hi..hi..benerrrrrr...baru kali ini ada orang yang berani tulis itu di koran...betullll, hebat..hebat...mengena sekali.)


Undangan telah di sebarkan ke masing2 masyarakat.Pada tanggal 18.09.2005 ( minggu ) dr jam 08.00 sampai jam 18.00, masyarakat Jerman bisa memilih partai mereka yang mereka dukung.


Banyak pertanyaan2 yang akan terjawab setelah pemilihan partai tgl 18.09.2005, misalnya: akankah Pajak penduduk di naikkan?? apakah biaya sekolah dan kuliah menigkat ???.akankah uang tambahan buat mereka yang bekerja malam dan sabtu minggu akan di hilangkan?? siapa yang akan memimpin negara Jerman ini, seorang wanita ( Angela Merkel dari partai SPD) atau laki laki (Gerhard Schröder dari partai CDU )

Pada hari pemilihan partai itu, banyak harapan dan doa yang menyertai masyarakat Jerman. Mereka bukan hanya memilih Partai, tapi buat masyarakat Jerman artinya juga memilih masa depan ,cita-cita dan harapan setiap individuum.Dan memang pemilihan kali ini memang sulit sekali untuk menentukan Partai mana yang lebih baik di pilih. Apalagi pada saat2 Jerman butuh dan sedang menjalankan Reformasi.
Dan aku berharap setelah pamilihan itu, masyarakat Jerman bisa agak menghilangkan rasa takutnya Sedikit relax dan nggak begitu kaku-kaku......( susah emang kadang2 berhadapan ama orang Jerman, kakunya ampun-ampunnnnnn...)

PS: aku tulis ini buat teman2ku yang ada di Indonesia.Aku tau keadaan ekonomi di sana juga susah, dan pasang surut.Tapi lihat negara Jerman yang terkenal kuat .....mereka juga bermasalah, dan juga merasakan kepasrahan seperti yang kalian rasakan di sana.Also....tetap berusaha deh sebaik-baiknya,and have a fun deh....nggak usah di pusingin...semua masalah pasti ada jalan keluarnya...

5 comments:

Anonymous said...

Hallo Julia,
suka deh baca blogmu.
Banyak topik2 yang menarik yang jadi bahan tulisannya.
Sip.. sip.. keep writting..

M.A. Sanjaya said...

kesulitan ekonomi di tiap negara pasti ada, dan perubahan pasti terjadi, mudah2an aja perubahannya dari baik menjadi lebih baik, bukannya dari baik menjadi buruk, amin

cavinus said...

Dillaaaa....kemana aja kamu, aku nggak tau kamu punya blog.Diem aja kamu selama ini.Thanks ya sudah baca dan kasih comment. Ntar kalau aku ada waktu dan uang aku mampir S'gapore ya....

ambaradventure said...

katanya angka pengangguran yang bikin ngeri yah...

Liana said...

hi Julia:) lam kenal ya.
nice posting:)
Bangsa kita memang lagi diterlilit masalah ekonomi, apalagi BBM yang bentar lagi mo naek, yg kena imbas pasti orang2 yang tidak punya. yang miskin semakin miskin. Pengangguran tiap hari bertambah.
Tidak terpikir Jerman juga menghadapi masalah yang hampir serupa, walopun tak sama:)

have a great day