Friday, September 16, 2005

Dirndl, Dirne, Deern , Tracht( gaun yang unik )

Dirndl kalau diartikan dalam variasi bahasa Bayerisch-Österreich ( bahasa tinggi Jerman ) artinya"Dirne" atau "Deern",dengan arti untuk baju mewah untuk anak perempuan muda . Asal kata "Dirndl" adalah untuk bentuk istimewa dari baju mewah itu di bagian barat Alpen, tetapi sejak jaman 30an baju ini mulai menjadi mode,dan di jaman tahun awal 2000 semakin di gemari oleh masyarakat Bayern( Jerman) dan Swiss, . Baju tua ini , yang selalu di sebut orang Jerman ''tracht'' diartikan menjadi gaun wanita yang ketat,yang baju atasnya jahitannya agak lebar dr leher(also menunjukkan buah dada) . Roknya yang lebar dan sampai ke mata kaki( yang dengan adanya mode, panjang roknya juga bervariasi) dan baju itu di beri kelemek ( kayak koki masak ),tergantung dengan bentuk bajunnya ( bisa berbagai macam warna, nggak mesti putih ), dan memakai baju bluse lengan pendek warna putih dan tentu saja harus ketat di pakainya!!!!
Tergantung dengan acaranya, Dirndl ini bisa di buat dr berbagai macam warna dan bahan( kain catton,leinen,atau dari kain Sutra . Modelnya yang polos sampai berbunga.

Ada lagi uniknya, cara mengikat tali celemek itu, mengikatkannya di depan ( bagian perut) . Di depan kiri untuk perempuan yang belum punya pasangan( also mereka lagi cari pasangan), sebelah depan kanan adalah untuk perempuan yang sudah punya pasangan / pacar / suami( also '' jangan di ganggu ''). Ada juga yang mengikatkannya di depan tengah,dg arti cewek itu belum bisa memilih( also dia mungkin punya pacar / pasangan, tapi mencari yang baru ).



PS: aku belum pernah pakai baju itu. Dan aku nggak bakal pakai baju yang menurutku memalukan itu. Dan cerita ini bersambung. Aku mau bercerita apa itu Oktoberfest ( Pasta di bulan Oktober yang paling terkenal di Jerman )
































Anjing pakai baju tradisional( ciri khasnya adalah topinya, dan celana atau atasan dr kulit). Kalau lihat topi itu...itu ciri khas topi Jerman. Seperti pakai bangklon untuk orang Jawa( eh gitu ya tulisnya ...he..he.. lupa )


1 comment:

M.A. Sanjaya said...

blangkon euy, 'l'-nya setelah 'b' :D

ehm, baju tradisionalnya sexy juga yah... ;;)